Peran Seorang Ibu

[Pentingnya Peran Seorang Ibu]
.
Seorang penyair berkata :
.
Ibu adalah sebuah madrasah (tempat pendidikan) yang jika kamu menyiapkannya.
.
Berarti kamu menyiapkan (lahirnya) sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya (Makaanatul mar-ati fil Islam)
.
Sungguh. Seorang ibu adalah sekolah paling awal bagi anak-anaknya. Karena dari tangan seorang ibulah para anak-anak dirawat, diasuh, dibesarkan, serta diberikan pendidikan.
.
Dengan segala kelembutannya, seorang ibu mampu mengawasi dan mampu bersabar bersama dengan anak-anaknya.
.
Dari mulut seorang ibu terucap kata-kata yang baik, ilmu-ilmu yang bermanfaat, serta akhlak-akhlak yang mulia.
.
Ibu adalah contoh yang paling utama untuk seorang anak dibandingkan ayahnya. Karena ibulah yang paling banyak berinteraksi dengan anaknya, paling banyak berkomunikasi, dan paling banyak mengajarkan hal-hal yang belum diketahui oleh anak-anaknya.
.
Maka adalah suatu keniscayaan bahwa seorang ibu yang baik akan melahirkan anak-anak yang baik pula. Kita lihat ibunya para ulama. Seperti contohnya ibunya Imam Syafi'i yang begitu getol mengajari anaknya permasalahan agama, rela berhijrah dan safar sedemikian jauh agar anaknya dapat belajar agama dengan baik.
.
Maka peran seorang ibu dalam mendidik anak bukanlah peran yang remeh. Peran seorang ibu dalam mendidik anak adalah peran untuk membentuk masyarakat yang kuat, berakhlak baik, serta menjunjung tinggi agama.
.
Karena itu amatlah aneh jika justru banyak wanita turun ke jalan menuntut pemerintahan yang lebih baik padahal mereka bisa mengubah negeri ini hanya dengan berdiam diri di rumah-rumah mereka dan mengajarkan anak-anaknya agama yang benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Selamat Jalan Bulan Ramadhan.