Memilih Pasangan


MEMILIH PASANGAN*

🌿 Dalam memilih pasangan hidup, haruslah dipertimbangkan matang-matang, dengan pertimbangan ilmu agama.
.
‼Saudariku muslimah, sekarang banyak kita jumpai fenomena yang sangat memprihatinkan dan menyedihkan hati.
.
‼Banyak dari saudari-saudari kita yang terpesona dengan kehidupan dunia, sehingga timbul predikat ‘cewek matre’, yaitu bagi mereka yang menyukai laki-laki karena uangnya; Karena akan dibelikan rumah dan perabotnya.
.
⛔ Ada juga diantara saudari kita yang memilih laki-laki hanya karena fisiknya saja.
.
⛔ Ada juga diantara mereka yang menyukai laki-laki hanya karena kepintarannya saja, padahal belum tentu kepintarannya itu akan menyelamatkannya, mungkin justru wanita itu yang akan dibodohi.
.
❌ Semua itu adalah suatu kesalahan fatal, karena kriteria pasangan yang utama adalah pasangan yang memiliki agama dan ilmu syar’i.
.
✅ Mencari suami yang berilmu adalah suatu hal yang sangat dianjurkan.
.
*Bagaimana tidak?*
.
🍀 *Suami yang berilmu, akan bisa membimbing istri, mendidik istri,  mengajari istri ilmu agama. Ketika ada permasalahan yang belum jelas, maka istri bisa langsung bertanya dan minta penjelasan kepada suaminya.*
.
🍀 Lihatlah sosok wanita yang faqih, Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu anha, beliau wanita yang cerdas, pinter masalah agama yang menjadi rujukan ilmu para sahabat di masanya. Beliau menimba ilmu langsung dari suaminya yaitu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
.
✅ Inilah keutamaan suami yang berilmu, bagaimana tidak?
.
📖 Allah Ta'ala memuji dan meninggikan derajat ahli ilmu di banyak ayat-ayat-Nya, di antaranya adalah firman Allah Ta’ala, Allah Ta’ala berfirman,

شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ قَآئِمًۢا بِٱلْقِسْطِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ ﴿١٨﴾
.
artinya, *“Allah mempersaksikan bahwasanya tidak ada sesembahan yang hak selain Dia, begitu juga para malaikat mempersaksikan yang demikian itu, begitu pula ahli ilmu, demi menegakkan keadilan, tidak ada sesembahan yang hak selain Dia Yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana.”* (QS. Ali Imran [3]: 18)
.
🌿Di dalam ayat ini Allah menjadikan persaksian malaikat dan ahli ilmu untuk turut mempersaksikan keesaan-Nya Yang Maha suci. Yang dimaksud dengan ahli ilmu ialah orang-orang yang memiliki ilmu tentang Allah, orang-orang yang memahami agama-Nya dan mempunyai rasa takut kepada-Nya Yang Maha suci dan berusaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya, selalu mematuhi aturan dan batasan yang digariskan-Nya.
.
🌿Maka, kedudukan pemilik ilmu syar’i sangatlah tinggi, jika seorang wanita memiliki suami yang berilmu/ahli ilmu, maka dia memiliki keutamaan yang banyak.
.
🌿Kita tahu bahwa suami istri yang beriman di dunia akan menjadi suami istri kembali di syurga. Wanita beriman yang memiliki suami ahli ilmu, maka kedudukannya di syurga akan mengikuti kedudukan suaminya yang tinggi pula, karena dengan sebab ilmu syar'i kedudukan seseorang di syurga akan tinggi.
.
🌿Sebagaimana istri-istri Nabi shallallahu alaihi wasallam di dunia, nanti akan menjadi istri- istri beliau di syurga.
.
🌿Maka sungguh rugilah, wanita yang lebih mengutamakan laki-laki yang berharta dari pada ustadz yang berilmu. Ini menunjukkan kebodohan dia dalam ilmu karena lebih mengutamakan yang rendah daripada yang tinggi.  Wallaahu a’lam.

✍ Ustadz Agus Santoso, S.Pd.l., B.A., M.P.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Selamat Jalan Bulan Ramadhan.