Adab Bersin

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu bila kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit (mengucapkan “yarhamukallah”). Sedangkan menguap itu dari setan, jika seseorang menguap hendaklah dia tahan semampunya. Bila orang yang menguap sampai mengeluarkan suara ‘haaahh’, setan tertawa karenanya.” (HR. Bukhari 6223)
.
Menguap adalah salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan terutama saat dilanda rasa kantuk, letih, kekenyangan, ataupun malas.
.
Gejala menguap menunjukkan bahwa otak dan tubuh kita membutuhkan lebih banyak oksigen dan nutrisi.
.
Saat menguap lebar, kita menghirup udara dalam-dalam melalui mulut, organ yang disiapkan bukan untuk menyaring udara seperti halnya hidung
.
Hal tersebut berisiko untuk ikut masuknya berbagai jenis mikroba, debu, atau kutu bersamaan dengan masuknya udara ke dalam tubuh melalui menguap.
.
Selain itu menguap lebar juga tidak menunjukkan kekuatan dan semangat kita sebagai seorang muslim/muslimah, justru membuat kita terlihat malas dan lemah. Hal tersebut akan sangat disenangi oleh setan.
.
Oleh sebab itulah, kita disarankan untuk menahan atau menutup mulut sebisa mungkin saat hendak menguap.
.
Allahua'lambishawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Selamat Jalan Bulan Ramadhan.