Fallacy Of Hedging

Fallacy Of Hedging adalah salah satu kesalahan seseorang dalam berpikir. Fallacy Of Hedging ialah menghindari kesalahan dari pandangan yang telah dibuat. Untuk lebih memahaminya lagi mari kita ambil contoh percakapan sederhana dibawah ini:

👧: “YANG.!!!! AKU MELIHAT KAMU ITU TERMASUK ORANG YANG SELALU TIDAK PERCAYA SAMA AKU. KALO ADA APA-APA SELALU NANYA KE ORANG LAIN. PADAHAL KAMU BISA NANYA SAMA AKU. MUNGKIN, DIMATA KAMU AKU SAMA SEKALI NGGAK BERHARGA.! AKU NGGAK NYANGKA YANG.!!! TERNYATA SEBESAR ITU RASA KETIDAK-PERCAYAANMU SAMA AKU.!!!

👦: “Yang..... Kalo aku nanya sama orang lain bukan berarti aku nggak percaya sama kamu Yang. Kemarin Sore aku menanyakan model sepatu futsal yang pas buat aku. Lagian Seminggu yang lalu kan aku minta pendapat kamu soal permasalahan yang menimpa aku. Dan kalo kamu masih ingat 3 hari yang lalu aku mengajak kamu diskusi tentang buku yang telah aku baca. Apa iya setelah megetahui itu semua kamu punya kesimpulan begitu.? Apa benar kalo aku nggak percayaan sama kamu.?”

👧: “Hmmm.... Iya juga Sih. Tapi itu kan Cuma beberapa kali. Emang kamu nggak percaya sama aku kok buktinya."

Si Cewek menilai kalo Cowoknya tidak punya kepercayaan sama sekali kepadanya. Dan karena itulah dia merasa kecewa. Padahal, kesimpulan itu dia ambil dari satu kejadian saja. Dalam banyak kesempatan justru si Cowok menunjukkan bahwa dirinya sangat percaya sama Ceweknya. Tapi, setelah mendengarkan itu, si Cewek hanya berusaha untuk meringankan kesalahannya dengan berkata, “Iya juga sih” dst. Dan pada akhirnya si Cewek tetap pada penilaiannya dengan pendapat yang sedikit lunak dari sebelumnya.

Itu lah yang dinamakan Fallacy Of Hedging dia merevisi pandangannya dengan sedikit melunak, tetapi hasil tetap dibuat mirip dengan klaim utama. Itulah salah satu kesalahan berpikir yang sering kita temukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Selamat Jalan Bulan Ramadhan.