KEDAHSYATAN ADZAN

KEDAHSYATAN ADZAN

Oleh : Al-Ustâdz Abu Ubaidah, Muhammad Yusuf bin Mukhtar bin Munthohir As-Sidawi

Adzan merupakan salah satu ibadah yang sangat agung dan syi'ar Islam yang sangat nampak.

Adzan berisi kalimat-kalimat mutiara yang sangat dahsyat berupa tauhid dan keimanan yang dapat menggetarkan hati dan telinga hamba.

Tak ayal, Syetan lari terbirit-birit ketika mendengar suara adzan.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  قَالَ : إِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ التَّأْذِيْنَ, فَإِذَا قَضَى النِّدَاءَ أَقْبَلَ حَتَّى إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَرَ حَتَّى إِذَا قَضَى التَّثْوِيْبَ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطِرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُوْلُ : اذْكُرْ كَذَا اذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ لاَ يَدْرِيْ كَمْ صَلَّى

Dari Abu Hurairah berkata bahwasanya Rasulullah bersabda, “Apabila adzan dikumandangkan, syetan lari terkentut-kentut sehingga dia tidak mendengarkan adzan. Apabila adzan telah selesai, dia datang lagi. Apabila iqamat dikumandangkan, dia lari lagi, sehingga apabila iqamat telah selesai, dia (setan) datang mengganggu seorang dalam hatinya, dia membisikkan, Ingatlah ini dan ingatlah itu, suatu hal yang tidak teringat sebelumnya, hingga seorang hamba tak mengetahui lagi berapa rakaat dia shalat". (HR. Bukhori Muslim)

Seorang dokter spesialis jiwa di Almania mengatakan: "Sesungguhnya kata-kata adzan untuk memanggil kaum muslimin menuju sholat menimbulkan suatu ketentraman dan ketenangan tersendiri pada hati pasien jiwa sekalipun dia tidak memahami artinya"!!!

Dia juga mengatakan: "Sesungguhnya adzan menumbuhkan cahaya dan rasa optimisme pada diri pasien yang dirundung perasaan gundah, kurang percaya diri dan bosan hidup".

Yang sangat mengherankan, ternyata penelitian para dokter Almania tersebut pada awalnya menggunakan adzan sebagai percobaan padahal mereka tidak tahu bahwa itu adalah panggilan Islami berbahasa Arab dengan tujuan untuk mengajak sholat!!

Setelah ini semua, maka sangat mengherankan adanya kaum muslimin pada zaman sekarang yang malah merasa sesak dada dan merasa berisik bila mendengar suara adzan, padahal dia merasa girang bila mendengar suara syetan (musik & nyanyian)

وَإِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَحْدَهُ اشْمَأَزَّتْ قُلُوبُ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ ۖ وَإِذَا ذُكِرَ الَّذِينَ مِن دُونِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

Dan apabila hanya nama Allah saja disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati. (QS. Az-Zumar: 45)

Hanya kepada Allah kita mengadu semua ini.

(I'tirofat Muta'akhiroh: Masyahir wa Ghoiruhum Ya'tarifun 1/91, Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnid, Dar Royah, Riyadh, 1411 H. Dinukil dari Nawadir Syawarid, Muhammad Khair Ramadhan hlm. 61).


📚 CHANNEL LENTERA DAKWAH
Channel Telegram : @yusufassidawi
📲 JOIN : http://bit.ly/LenteraDakwah

-

● Telegram :
• https://t.me/yusufassidawi
● Website :
• abiubaidah.com
• https://muslim.or.id/author/abu-ubaidah-yusuf-as-sidawi
● Audio :
• https://kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Abu%20Ubaidah%20Yusuf%20As-Sidawi
● Video :
• https://yufid.tv/tag/abu-ubaidah-yusuf-as-sidawy


Membela Agama dengan Ilmu dan Hujjah



♻ Republished by MRA Al-Jafari Al-Alabi
📂 Grup WA & TG : Dakwah Islam
🌐 TG Channel : @DakwahFiqih
♻Repost by grup WA khusus ikhwan
*DAKWAH MUSLIM*
Join>>>ketik: DM# no hp# nama # Domisili kirim ke wa no 085229333666
Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu, menjadi sebab hidayah, dan Allâh membalas anda dengan kebaikan dan menjadi amal jariyah, serta memudahkan jalan kita menuju Jannah. آمِينَ.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Selamat Jalan Bulan Ramadhan.