Kitab Al Bidayah wa An- Nihayah - (Pencipataan Jin dan Kisah Syetan).

Pencipataan Jin dan Kisah Syetan.

Banyak ahli tafsir mengatakan bahwa jin di ciptakan sebelum diciptakannya Adam A.S. Sebelum mereka di bumi terdapat jin dan albin. Lalu Allah memberikan mereka kekuasaan kepada kaum jin di atas mereka. Hingga akhirnya mereka (para jin) membunuh mereka (al binn), mengusir mereka dari bumi, lalu mereka berdiam di sana dan tinggal di dalamnya; disebabkan apa yang telah mereka perbuat.

As-Suddi menyebutkan dalam tafsirnya, dari Abu Malik, dari Abu Shalih, dari Ibnu Abbas. Dan dari Murrah, dari Ibnu Mas’ud, dan dari beberapa sahabat Rasulullah ﷺ: Ketika Allah selesai menciptakan apa yang DIA sukai. DIA bersemayam di atas Al-Arsy, lalu dia menjadikan iblis sebagai penguasa langit dunia. Iblis berasal dari salah satu kabilah dari golongan malaikat yang disebut kabilah jin. Mereka disebut bangsa jin karena mereka adalah penjaga Surga. Iblis, meskipun mereka memiliki kekuasaan dia masih sebagai pejaga Surga, maka terdetiklah dalam hatinya, “Sesungguhnya Allah menganugerahkan ini padaku karena keistimewahanku atas para malaikat.”

Adh-Dhahhak meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ketika bangsa jin berbuat kerusakan di dunia dan menumpahkan darah, maka Allah mengutus Iblis yang disertai bala tentara dari kalangan para malaikat kepada mereka. Mereka membunuh para jin dan mengusir mereka ke berbagai pulau laut.

Ketika Allah meniupkan ruh ke dalam tubuh Adam, seperti yang akan dijelaskan dan memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepada-Nya, maka masuklah iblis dengan rasa irinya yang amat besar kepada Adam, dia enggan bersujud kepada-Nya, lalu berkata, “Aku lebih baik darinya, engkau telah menciptakanku dari api sedangkan dia dari tanah.” Dia melanggar perintah Allah, bahkan menentang-Nya. Dia berbuat kesalahan dalam perkataannya, dia menjauh dari rahmat Allah, hingga akhirnya dia diturunkan dari kedudukannya yang telah dia terima selama ini dikarenakan ibadahnya. Pada awalnya dia serupa dengan para malaikat, meski dia bukanlah dari bangsa mereka; karena dia terbuat dari api, sementara malaikat dari cahaya. Namun, karena iblis berkhianat pada Tuhan-Nya akhirnya dia di kembalikan kepada asalnya, yaitu api.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Kisah Najmuddin Ayyub (Ayahnya Shalahuddin al-Ayyubi) mencari jodoh.