Cara Mengucapkan AS-SALAAMU‘ALAIKUM

Sudah jadi keharusan, bila ada yang memberi salam, maka kita menjawabnya.
•••
Dalam keseharian, kita memang terbiasa dengan mengucapkan wa'alaikumsalam, atau ada juga yang mengucapkan walaikumsalam. Saya juga awalnya sama mengucapkan wa'alaikumsalam, tetapi telah diberi tahu oleh teman, bagaimana pengucapan salam yang benar. Kenapa sih membacanya wa'alaikumussalam dan bukan wa'alaikumsalam?
Mari simak penjelasan berikut:

وَعَلَيْكُمْ السَّلامُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Perlu kita ketahui bahwasanya kalimat menjawab salam tersebut terdiri dari 3 kata, yaitu Wa'alaikum, dan Assalām. Namun dalam pembahasan ini kita coba mengombinasikan wa dan ‘alaikum menjadi satu sehingga menjadi wa’alikum untuk mempermudah.

Jika kita membaca Wa’alaikumsalam, alif-lamnya otomatis lenyap. Sedangkan kalau kita membaca Wa’alaikumussalām, itulah yang lebih benar.

Kata Wa'alaikumussalam, kalau di urai jadinya..wa'alaikumu assalaam..ketika huruf mim bertemu dengan alif laam, maka kata tersebut digabung pengucapannya dalam kaidah lughawi arab.

Sebuah kata yg menggunakan alif lam artinya MA’RIFAH (DEFINITIF) sedangkan yg tanpa alif lam, artinya NAKIRAH (UNDEFINITIF). Dan juga orang yg menjawab salam diharuskan membalas seperti orang yg memberi salam. Jika orang berkata: AS-SALAAMU‘ALAIKUM (menggunakan alif lam) maka jawabnya juga dengan alif lam WA'ALAIKUMUSSALAM, bukan  WA’ALAIKUMSALAM
.
.
.
.
.
Silahkan LIKE & SHARE jika dirasa bermanfaat.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksi

Rugi Dunia dan Akhirat

Selamat Jalan Bulan Ramadhan.